Kau mungkin bisa menutup mulutku, menghentikan aksiku, bahkan memenjarakan aku, tapi kau tidak akan pernah bisa menghentikan kekuatan IDE, karena 'FIKIRAN' ku dapat merubah DUNIA meski dibawah ancaman mu! (Bunga Mataharry)

Aug 9, 2012

Curicculum Vitae........ dalam Persepsi Ku.


Kawan-kawan pasti sudah tahu apa itu CV kan, nah ini adalah permintaan dari banyak kalian kepadaku untuk membuat tulisan seputar bagaimana membuat CV yang baik. 

Terus terang aku sebetulnya tidak banyak membuat CV untuk melamar pekerjaan, karena di kantorku aku tidak pernah mengirim CV.. :D Ceritanya aktivis itu tidak melamar pekerjaan, karena kita meneruskan idealisme kita dan jika segaris dengan senior-senior kebanyakan kita bisa berjuang bersama mereka dalam misi perubahan bersama, dan ini bukan soal melamar, melainkan “trust” atau kepercayaan dan ikatan organisasi yang kuat. 

Nah hanya saja sebagai Sekretaris Program di kantorku sekarang aku adalah orang yang bertanggungjawab dalam perekrutan karyawan di kantorku jadi aku berurusan dalam menseleksi CV pelamar yang masuk, baik untuk karyawan atau sebatas kolega untuk dilibatkan dengan projek-projek politik. Untuk ku pribadi menulis CV pernah kulakukan untuk mengajukan internship/program magang di Kementrian Luar Negeri RI selama spring kemarin, waktu mengajukan beasiswa ke kampus untuk studi master ku dan untuk mengikuti beberapa program seperti pertukaran pelajar atau kunjungan studi ke luar negeri. 

Belakangan aku juga diminta untuk ikut membaca CV kalian yang ingin mengajukan beasiswa S1 dan S2 di salah satu STMIK di Jakarta atas permintaan ketua jurusan disana. Sebagai masukan saja, berikut beberapa hal yang menurutku (dalam versiku ya) perlu diperhatikan ketika membuat CV baik untuk melamar program beasiswa ataupun melamar pekerjaan. Kalau ada yang tidak sesuai dengan opini kalian, silahkan, bebas-bebas saja :D


1. Pastikan kalian memahami betul perbedaan antara CV dengan Resume. CV memuat cukup banyak informasi pribadi dan trackrecord kita, baik pendidikan, pengalaman kerja, prestasi, pengalaman berorganisasi, project2 riset, karya tulis atau publikasi media, penghargaan/award, dll. Nah dalam CV juga biasanya disertakan scanning dokumen2 yang mendukung CV tersebut, misalnya ijazah, transkrip nilai, sertifikat training, sertifikat toefl dll. Sementara resume idealnya hanya satu lembar dan memuat informasi sangat ringkas tentang pendidikan dan pengalaman kerja, tergantung tujuan dari Resume itu sendiri. 

2. Dalam membuat CV jangan sampai lupa menulis serta surat pengantar yang berisi maksud/tujuan di kirimnya CV tersebut. Kecuali kawan2 membuat terpisah dari CV nya. Jadi si penerima CV tahu untuk apa CV itu dikirimkan. 

3. Sebuah CV yang baik menyertakan foto kalian yang terupdate loh. Jadi pastikan foto yang dilampirkan dalam CV adalah foto terbarumu. Foto ini juga harus diperhatikan ya bernilai formal.. jadi jangan pakai fotomu sedang tertawa lebar atau sedang bergaya :D dll... boleh saja memasukan foto-foto semi-formal, misalnya kegiatan2 training mu, nah ini dimasukkan di halaman lampiran misalnya. 

4. Jangan lupa alamat rumah yang bisa dijangkau, email, dan no telepon mu yang bisa di hubungi, ini adalah syarat vital suatu CV.

5. Sebuah CV yang baik harus ditandatangani, bisa dalam bentuk scanning kalau kalian mengirim via email. 

6. Nah ini adalah sesuatu yang kadang kita suka lupa, menyertakan kartu identitas apakah KTP atau passpor. Sebuah CV dianggap valid kalau kalian menyertakan identitas kalian..

7. Sebagai tambahan, yang juga diperlukan adalah design. Sebuah CV yang kreatif harus inovatif juga. Jadi kalian harus mendisign CV tersebut. Design yang sederhana, seperti membuat kotak, page border, cover CV.. dll

Contoh Cover CV:




8. Hmm.. apa lagi yaaa..... (Nanti kutambahkan kalau sudah muncul lagi di kepalaku)


Nah sebetulnya dengan membrowsing, aku yakin kawan-kawan bisa menemukan banyak Ilmu menyiapkan CV yang baik. Jangan lupa kalau “mood” kalian akan sangat penting dan mempengaruhi performance CV nya loh. Jadi ceria lah selalu... :D

Yang terpenting dalam membuat CV adalah tonjolkan lah apa yang menjadi "prestasi" kalian dan perkuat itu sebagai sebuah karakter "unik" yang tidak dimiliki rival-rival kalian sebagai sesama applicant. Tapi kalian harus mempertanggungjawabkan apa yg disampaikan dalam CV, jadi jangan memasukan informasi yang tidak benar.

Oh ya ini kan versiku yaa, jadi kalian tetap bebas menilai apa yang baik menurut kalian.. ekspresikan dirimu..

Chayoooo................... Semangat!!!! \m/

No comments: