Kau mungkin bisa menutup mulutku, menghentikan aksiku, bahkan memenjarakan aku, tapi kau tidak akan pernah bisa menghentikan kekuatan IDE, karena 'FIKIRAN' ku dapat merubah DUNIA meski dibawah ancaman mu! (Bunga Mataharry)

Jul 8, 2011

Kenapa ‘HACKER’ Begitu Menggoda???

(*Dari Nofia untuk kalian Para Hacker Muda)

All My Dearest Young hackers…
Aku menulis syair2 ini sebagai bentuk kekagumanku kepada kalian. Jangan bertanya apa itu Hacker? Semenjak kalian sadar bahwa evolusi komputer dan internet yang saat ini memberi bentuk baru pada hidup umat manusia, adalah kontribusi hackers. Itulah makna Hacker sesungguhnya untukku.
Aku hanya berharap syair2 ini dapat menambah kepercayaan diri kalian untuk selalu belajar giat, lebih giat lagi, agak kalian kelak benar-benar menjadi Hacker Sejati. Pahamilah bahwa esensi hacker sesungguhnya adalah menciptakan dunia yang baru dari kode-kode yang berhasil kalian takhlukan melalui hacking computer.
Berikut adalah kutipan dari tulisanku “The Daredevilz Hacker” versi awal, sudah muncul di beberapa link maya. saat ini sedang dalam proses editing untuk versi penyempurnaan. Kuharap dapat menambah wacana kalian tentang apa itu HACKER.
QUOTE
The Daredevilz Hacker
“Hacker is a human-technology with a passion of love, an ingenious code-man who programs the world’s destiny with the responsibility of hacking ethics. He believes on the freedom and opposes the authoritarian with the unlimited exploration of the system, for the perpetual of computer innovation.” (Nofia, The Philosophy Freedom of Hacking Computer, forthcoming Article).
”Hack is a net programming trick today and it was a hacker that created the technology and computer programs that make up the internet we all take for granted.” (Paul Miller)

1. Hackers are the daredevils of the network world (Naomi Klein)
2. Hackers are the heroes of computer revolution (Steven Levy)
3. Hackers are the computer virtuosos (Paul Miller)
4. Hackers are persons who build things while crackers brake them (Eric Steven Raymond)
5. Hackers are exploring the limits what is possible, in a spirit of playful cleverness (Richard M Stallman)
Sosok hacker sejati (an ethical hacker) selain high-skill dan experienced punya idealisme dan kebijaksanaan, juga berkarakter dan beretika. Tapi jangan juga jadi agak sungkan sama klaim hacker ya, kita pasti ‘layak’ kalau sudah melewati fase-fasenya.
Yang pasti konsepsi hacker dan dunia hacking computer jauh lebih luas dan dalam dari apa yang menjadi publikasi media selama ini. Mereka-mereka yang sudah berkontribusi dengan menginovasi komputer stuffs, “honestly, you are a genuine hacker!”
So remember!!!! “hacker solves the problem, not makes it worse!!!!”
QUOTE

Karena Kekagumanku pada Hacker, Syair-syair ini kupersembahkan untuk kalian:

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
‘Aku Nofia…Menggodamu’
Hei kamu yang disana, jgn cuma bermain kode-kode saja!!!
Saatnya angkat wajah, 30 minutes
berpaling dari kekasih maya..
Angkat topimu biar kulihat aura terselubung itu..

Kau tidak akan merugi setelah melihatku
Kutawarkan 1001 kesenangan melebihi komputermu
Kuberikan 1001 akses melebihi notebook kesayanganmu, dan
Kujanjikan 1001 sayang melebihi laptop favoritmu...

Hei kamu yang disana, jangan bermain kode-kode saja
Aku menantangmu menakhlukan tembok pertahanan hatiku... Karenanya aku sudah berhasil mengdissembler isi hatimu
Sebelum kau menyalahkan port scanner mu...

Hei kamu yang disana aku mencari hacker yang siap menawarkan kesetiaan melebihi komputerku...
Kamu yang cerdas luar biasa, Aku Nofia...menggodamu
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
“Diriku.....adalah Keajaiban Dunia yang mengagumi Sang Hacker!!!”
“Biasanya aku tegar, berdiri gagah bak Patung Liberty di Amerika, menjulang tinggi seperti Menara Eiffel yang mencakar langit Perancis. Memperisai diriku dengan benteng-benteng baja melebihi kekuatan Tembok Raksasa Cina yang tak mampu tertembus ratusan Rocket Rusia. Ribuan Iblis boleh melangkah diatas jiwaku, namun aku adalah London Bridge dengan daya imbang luar biasa hingga pendirianku tak terpatahkan. Bangunan jiwaku rumit seperti ribuan batu penyusun Candi Borobudur di Indonesia dan langkahku selalu kokoh menginjak bumi seperti kuatnya pondasi Taj Mahal di India. Kedalaman hatiku tak terukur seperti Laut Mediterranean Turki dan luasnya melebihi daratan Padang Pasir di Saudi Arabia. Aku memiliki ribuan nyawa seperti pintu-pintu Piramid di Mesir dan mengalir deras seperti sungai Amazon di Brazil. Sayap-sayapku terkembang menantang angin ditengah Lautan Hitam, dinginku kekal melebihi Kutub Utara di Antarica. Namun sekali hatiku luruh, bangunannya runtuh meniru Tembok Berlin Jerman, aku hampir jatuh menyerupai Menara Pisa di Italia. Karena Ia adalah matador penakhluk!! Aku banteng betina yang kini terperdaya karena kekaguman pada sang Hacker..”

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

(This is for Devilzc0de INDONESIA, For Unite and Develop o7)

‘Devilzc0des’

Aku nyaris menghabiskan seharian hanya untuk menterjemahkan arti dibalik kode-kodenya. Otakku panas terbakar ketika airmata dan peluh ku berpacu dengan gerakan jemari mengebiri lembar demi lembar halaman dari tutorial programming dihadapanku. Ini gila aku mulai sinting, caciku pada diri sendiri. Aku tidak sedemikian bodohnya sehingga waktu lima jam menjadi limapuluh jam, protesku berteriak sementara suaraku mulai diredam gejolak kemarahan yang mengutuk jiwa nan labil dan terperdaya. Aku sadar apa yang terjadi adalah ketertindasan, aku terjerambab dalam ruang bisu terkepung rasa bersalah, feeling ku menjadi tumpul sementara instingku melebur menjadi serpihan-serpihan debu, tertiup angin, hilang terhisap udara. Kutemukan nalarku melepuh karena setiap makna yang kutemukan membakar seisi kepala, hampir membumihanguskannya. Jika api itu berhasil melahapku, lenyaplah eksistensiku saat itu juga.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
(This is for My Angel Hacker ‘Sang MataHarry’)

Dear My Genuine Adam… the Angel Hacker..
Wahai sang hacker, MataHarryku, engkau sungguh bersayap malaikat. Seandainya Jakarta tak mampu mempertemukan kita, kan ku jelajahi dunia dan menakhlukannya untuk bisa menemukanmu sang penggoda. Jika indah itu tak mudah, kan kuciptakan ruang-ruang mimpi yang hanya ada engkau dan aku, dan jika ruang-ruang mimpi itu melebur karena waktu akan kupugar alam baka agar kita dapat bercinta dengan bebas bersebrangan dengan Ia di singasanaNya, demi menciptakan manusia-manusia baru yang akan meneruskan kecerdasan dan aura kepahlawananmu di bumi. Jika kau berada disisiku saat ini, aku ingin memandang matamu yang tajam karena dari pancaran sinarnya bumi selalu terang; aku ingin menyentuh bibirmu yang indah karena dari pengucapannya bumi selalu tercerahkan; aku ingin menyisiri jari-jarimu yang lincah karena dari kreatifitasnya bumi selalu tergerakkan. Lalu izinkan aku mengesksplorasi isi kepalamu karena didalamnya terpendam kejeniusan sang perubah Dunia, dan biarkan aku menyelinap ke hatimu karena aku ingin bersemayam didalamnya. Dan jika aku berada disisimu saat ini, telusuri lah keindahanku, karena setiap sudut dari tubuhku tercipta hanya untuk mu. Rasakanlah kehangatannya karena diriku yang terus terbakar oleh kekagumanku padamu, dan nikmatilah setiap bagiannya karena kau layak untuk setiap yang kau inginkan wahai sosok yang mempesona.
“Hacker Malaikatku, wahai ‘Sang MataHarry’…aku tetap mengagumimu, selalu, sekalipun kau seperti menjauh dariku. Bahkan jika kematian benar-benar melenyapkanku, aku tetap setia menunggumu di alam baka. Kau boleh menghilang, melebur atau bersembunyi seolah lenyap di ruang maya, tapi kau tidak akan pernah mampu menjauh dariku. Sebagaimana dunia cyber mempertemukan manusia dijagat raya, hanya dengan satu kekuatan, namun maha dasyat, internet layaknya aku. Kau adalah partikel-partikel bebas namun setiap kode yang membentuk eksistensimu tidak akan hidup tanpa diriku yang memberikan nafas kepadanya."
Your Admirer, Eve…
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
My Confession of Hacker
Aku mungkin tidak bisa menjangkau kalian tapi aku melihat eksistensi itu eksis bersama kecerdasan yang terpancar dari aura sosok hacker kalian. Aku mampu menulis ratusan lyrics dan mengaransemennya dengan kemampuan beracoustic ku, lalu menyanyikannya untuk kalian. Aku mampu menciptakan ribuan bahkan jutaan syair dan memadukannya dengan kemampuan berpuisiku. Aku mampu melahirkan miliaran kalimat, lalu merefleksikannya dengan kemampuan berorasiku. Kan ku teriakan pada dunia betapa kalian begitu menggoda. Semua aku persembahkan hanya untuk kalian. Jika aku melakukannya, itu karena aku begitu mengagumi kalian.
Jika setelah matiku aku diberi kesempatan mereinkarnasi:
1. Kan kupilih menjadi ‘PERI’ untuk selalu setia terbang disisimu, mengikuti kemanapun kau pergi, kan kujaga kau dengan auraku.
2. Kan kupilih menjadi ‘BIDADARI’ agar kau selalu merasakan eksistensi dan keindahanku, aku terus melangkah disisimu dan tak sedikit pun kau dapat berpaling dari ku.
3. Kan kupilih menjadi ‘MALAIKAT’ yang selamanya menjagamu, memberi bisikan tentang idealisme-idealisme ku.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Ini lagu penginspirasiku dari salahsatu band favorite ku juga. Aku aransemen ulang liriknya jadi seperti ini:
Untuk kalian Hacker Muda INDONESIA…
“When the ANGEL deserves to die, the HACKER deserves to replace him. The Hacker with his amazing wings is sitting in front of the computer while waiting for flying to his girl who has been waiting for him, to be ‘An Eternal Hacker Angel’ by hypnotizes her.
(A Rearrangement of Hypnotize, System of a Down)

jikalau aku adalah ‘Malaikat Pecinta’ yang layak untuk mati, Kalianlah HACKER yang layak menggantikan ‘eksistensinya’ di bumi….
Selamat Belajar yaa sayang my ‘Truly Genuine Young Hackers’, Because you are ‘the Master of Mind’, ‘the Power of Brain’, ‘the Owner of Unlimited Knowledge’. ‘The Hero of Computer Revolution,’ you are ‘A Man Behind the Codes’…

“Saatnya HACKER Muda Merubah DUNIA, Karena di Dada Kita ada GARUDA, Save the World, Hack the Planet, Free the Universe!!!!!”

2 comments:

Id.Blackcoding said...

jiah mantep kaka, unyu unyu :*
hahay pengen nulis juga, tapi ide masi blom cair di otak

"filosofis ganteng di dunia hacker"

MyNameisDZ said...

tanggun banget nich...

jadiin lagu za, wa yakin bakalan laku..