Kau mungkin bisa menutup mulutku, menghentikan aksiku, bahkan memenjarakan aku, tapi kau tidak akan pernah bisa menghentikan kekuatan IDE, karena 'FIKIRAN' ku dapat merubah DUNIA meski dibawah ancaman mu! (Bunga Mataharry)

Jun 5, 2011

‘Casper_SPY’ dan Cerita2 Programmer

Hi There…

Masih inget ceritaku ‘Codeman sang Pahlawan’, berdoa bareng ‘Dewa Gitar’, ‘Peri Diary’ and ‘Tuhan Maya’? kali ini aku mau share cerita soal ‘Casper Spy’… and Programmer.

Kawan Imajinasi

Kalian punya kawan-kawan imajinasi? (kalau belum, silahkan ciptakan!!!). Nah sosok2 yang menikmati kesendiriannya suka menciptakan kawan imajinasi untuk sharing. Kebetulan di Turki karena iklimnya gak seperti di Jakarta, aku lebih suka berada dirumah. Demi menemani aktivitas belajarku aku ciptain kawan imajinasi, namanya Casper Spy!! Kayak hantu baik-lucu difilm kartun ya? Memang terinspirasi dia, soalnya hantu kan bisa ngakses sana-sini gak peduli ruang dan batas, gak gmpng ke-detect lagi, jadi Casper ku bisa jadi SPY buat ngintip aktivitas di internet!

Having Fun pertama Casper sebagai kawan imajinasiku adalah kenalan sama komputer. Ceritanya satu hari aku minta dengan sangat Casper masuk ke system ku yg online. Hasil penjelajahannya bikin Casper pusing tujuh keliling, untung Casper yang ini punya rambut blonde, jadi gak cepet rontok kaya pak Professor yang otaknya selalu diporsir buat mikir demi inovasi science. Dalam perjalanan mayanya Casper masuk-keluar ports, pindah-pindah server, nemu banyak tools backdoors berceceran, ngeliat scanner-scanner aktif 24x7, smpe diajakin berantem sama kuda Trojan. Tapi yg paling berkesan buat dia: ngeliat ratusan bahkan ribuan kode-kode bertebaran and ketemu beberapa programmers hebat yang dia tanyain soal komputer dan program2 nya. Nih aku share beberapa:

1. Casper yang super bingung kenapa waktu surfing ngeliat angka 01010101000010 dst nanya ke om programmer keren yg pake Proxy Turkey “om kenapa kode2 nya cuma 0 dan 1?” Om programmernya jawab “programmer itu konsisten di antara 0 dan 1, maksudnya: kalau 0 adalah eksistensi dirinya dan komputer yang gak bisa dipisahin, perpaduan mereka seperti tidak ada bilangan sebelum 0, kecuali minus. Jadi kalau programmer tanpa komputer jadi (-) makanya komputer penting banget buat dia supaya hidupnya gk minus. Kalau 1, itu diluar programmer dan komputernya, tapi maksudnya kalau udah nemu 1, programmer bisa tetep eksis dengan komputernya (di 0) plus makin sempurna sama yang 1 itu.” Intinya itu himbauan buat para programmer, cari yang (1) satu itu biar hidup makin sempurna. Casper ku trus kasi pertanyaan penutup “emangnya yang 1 itu apaan om?” dijawab sama om programmer lantang “Pasangan Hidup!!” wkwkwkw… “tapi yang benar2 hidup dan bernafas” tambah om programmer nya lagiii.

Tuh kaan, jadi gak ada komputer itu cuma bikin hidup jadi minus, tapi kalau ada pasangan, hidup jadi sempurna!!! J so kalian pilih yang mana???

(Diriku bantu jawab yach: …”pilih pasangan hidup yang cinta komputer jugaaaaa”


2. Casper yang kebangetan gak suka matematika, nanya kenapa bahasa programming pakenya alogaritma. Dijawab sama om programmer yang pake Proxy Jerman “Memang harus pake hitung-hitungan matematika, kalau komputer pake hitungan social macem deskriptif analisis terus metodenya kualitatif, nanti komputer jadi kaya Politisi, loby sana-loby sini, terus suka manipulasi!!!!”

Wait..wait..wait.. yang ini aku super sangat gak setuju!! aku bilang ke Casper, “kasih tahu om programmernya, gitu-gitu ilmu sosial jauh lebih kuat ‘sense’nya dari itung-itungan matematika karena memperhatikan faktor-faktor external, gak kaya ilmu matematika yang super2 egois!!! Gak bisa dinegosiasi.” Terus Casper yang liat aku agak emosi nenanging “tunggu dulu Kak, kan belum selesai, Om programmernya terus bilang, “makanya alangkah baiknya yang suka itung-itungan matematika ketemu sama yang suka metode social, jadi hidup mereka seimbang.” Fufufufu!!


3. Casper itu punya karakter yang sama kayak diriku, suka tertarik nemu hal2 yang baru. Nah dalam penjelajahannya dia nemu banyak perumpamaan (kaya 3l1t3 or 31337, 666 etc) and istilah2 aneh (kaya stuph, phun, kwel, etc) yang bikin dia super penasaran. Terus dia tanya sama om programmer yang pake Proxy Indonesia, “om kenapa ko di internet banyak nama-nama palsu dan istilah2 aneh ya?? Padahal kan semua command2 yang dipake komputer dan bahasa2 pemprograman ‘original’ dan ejaanya baku?” Katanya Casper ku, om programmernya senyum2 trus bilang “Ooh.. itu kerjaannya hacker bukan programmer!

Masih ada banyak banget cerita2 Casper Spy ku nge-eskplorasi internet, kaya cerita CASPER SPY DAN PINGUIN MODERN (buat kalian yang pengen tahu rahasia2 LINUX!!); terus Casper Spy and 1st Malaysia (ini cerita curhatnya admint 1st Malaysia soal penyerangan DC beberapa waktu yang lalu. Gara2 denger curhat itu, Casper ku jadi ikut2n ngefans sama om Peti, aku udah duluan, “om Peti aku nge-fans padamuuuu” :*). CASPER SPY AND LOVE HACKING HEART soal solusi percintaan ala hacker, CASPER SPY DAN ADRIAN LAMO yang ngebahas HUKUM FISIKA dan CASPER SPY DAN SOLUSI2 INSTANT buat yang pengen ngeberesin masalah2 komputer yang sulit gak nyampe 5 detik.

Ada juga cerita Casper Spy dan Hactivists CDC and EDT mulai dari ngebahas ideologi hacking-politik, distribusi free tools sampe aksi virtual sit-ins mereka, dan yang paling keren cerita Casper Spy dan Hacker Elite ‘Caroline’. Yang terakhir ini aku kasih pembukaan deh, dalam obrolan mereka, tante Caroline hacker elit yang super cantik bilang kalau kunci sukses hacker elite adalah ketika masih newbie belajar masterin sistem UNIX dan TCP/IP, kalian akan jadi seperti ‘a fish swimming in the see of cyberspace; an uberhacker among hacker wannabe and a master of the internet universe.”

Tapi dari semuanya aku pertimbangkan untuk gak diceritain dulu, bertahap yach say. Soalnya takut, nti kalian bisa nge-trace Casper Spy ku yang siapa tahu lagi ngintip sistem kalian, bisa kedetect deh kawan imajinasiku. Jadi aku filter2 dulu ya cerita2nya :D

See ya, mau ngajak Casper nge-eksploit dulu, eh salah deng, main gitar dulu maksudnya ….hehe

By: Nofia

No comments: